Cara Mengatasi Rasa Gerogi Saat Ingin Presentasi

Apakah Anda memiliki presentasi standar berdurasi satu jam, tetapi tuan rumah Anda hanya dapat menyisihkan setengah jam? Apakah Anda berada di tengah-tengah presentasi ketika Anda menyadari bahwa, karena terlambat memulai atau banyak pertanyaan, Anda kehabisan waktu? Teruntuk anda yang sedang mencari berita terupdate, silahkan kunjungi radartekno.com yang memabahas berbagai berita teknologi,gadget dan elektronik dari jaman ke jaman.

Cara Mengatasi Rasa Gerogi Saat Ingin Presentasi

Tidak peduli apa topik Anda, selalu fleksibel dan siap untuk memotong sesi Anda (atau siap untuk memperpanjang, tergantung kasusnya). Berikut adalah beberapa cara untuk memastikan presentasi Anda selalu sesuai dengan slot waktu.

Pointer # 1: Gunakan garis waktu yang ditentukan

Saat Anda membuat garis besar presentasi Anda, sertakan perkiraan waktu di sebelah setiap bagian (saya ingin menambahkan milik saya berwarna merah untuk membuatnya lebih mudah dikenali pada halaman).

Garis besar singkat satu halaman (atau dua halaman dua sisi) akan lebih mudah untuk dibaca daripada novel panjang yang bertele-tele yang ditulis dalam paragraf.

Latih presentasi Anda dan catat perkiraan waktu saat Anda berjalan (dua menit untuk pembukaan, lima menit untuk bagian I, tujuh menit untuk bagian II, dll.) Ketika Anda sampai pada akhir, tambahkan semua waktu dan tentukan apakah Anda harus menambahkan untuk atau mengurangi dari setiap bagian untuk membuatnya semuanya masuk ke dalam slot waktu yang diberikan.

Jika Anda harus mengedit sangat agar sesuai dengan kerangka waktu yang berbeda dan presentasi Anda akan terpengaruh, Anda mungkin ingin mengembangkan presentasi mandiri yang terpisah untuk slot waktu pendek, menengah dan panjang.

(Jika Anda adalah pengguna PowerPoint, lihat buku “Beyond Bullet Points” untuk instruksi tentang cara membuat PowerPoint yang melayani kebutuhan waktu yang berbeda.)

Pointer # 2: Mengalihkan informasi tergantung pada prioritasnya

Jika Anda merasa kehabisan waktu saat berada di tengah-tengah presentasi, Anda mungkin harus mengubah beberapa konten Anda. Jika Anda memiliki poin penting di akhir presentasi, sekaranglah saatnya untuk mengemukakannya. Segera setelah Anda mengetahui waktu yang berderak, mulailah mengubah urutan bagian-bagian Anda.

Saat membuat dan mempraktikkan presentasi Anda, selalu ide yang baik untuk berpikir ke depan tentang bagaimana Anda akan menangani situasi ini. Tata letak garis berpoin Anda akan membuatnya mudah untuk melihat bagian mana yang akan ditinggalkan, naik atau turun.

Jika Anda harus mengabaikan sesuatu yang Anda rasa penting, kumpulkan kartu nama dari audiens dan tawarkan untuk mengirimi mereka konten tambahan melalui email.

Pointer # 3: Tambahan dengan handout

Biasanya ada beberapa informasi yang ingin kami bagikan, tetapi kami tidak ingin memasukkannya ke dalam presentasi langsung kami. Anda mungkin memiliki beberapa artikel yang relevan untuk melengkapi lokakarya Anda, atau Anda mungkin memiliki grafik dan grafik yang Anda tidak punya waktu untuk atau teknologi untuk memproyeksikan.

Gunakan selebaran dengan bijak. Jika materi tidak perlu ditinjau selama presentasi Anda, maka tinggalkan handout di belakang ruangan agar audiens dapat mengambil jalan keluar. Jika Anda memilih untuk meletakkannya di kursi sebelum Anda mulai, sadarilah bahwa audiens Anda mungkin menghabiskan separuh waktu membaca dan tidak mendengarkan Anda.

Handout Anda harus selalu menyertakan informasi kontak dan tautan ke situs web Anda, jika ada. Pastikan semua sumber dan referensi jelas dan mudah dibaca; gunakan grafik jika sesuai dan tinggalkan banyak ruang putih di halaman. Jangan membanjiri handout dengan teks; buat mereka ringkas dan relevan dengan presentasi Anda. Jika tidak, mereka akan berakhir di tempat sampah daur ulang!

Ikuti saran ini, dan Anda akan selalu siap, tidak peduli berapa banyak (atau sedikit) waktu yang Anda miliki.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *